Kamis, 09 Februari 2012

Majalengka Usulkan 3.000 CPNS

Majalengka - Usulan formasi pegawai baru Pemerintah Kabupaten Majalengka, belum dipastikan. Namun, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sudah melakukan persiapan usulan. Dari hasil invertarisasi kebutuhan pegawai di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diprediksi Kabupaten Majalengka membutuhkan 3 ribu PNS. Kepala BKD Drs H Ahmad Sodikin MM menjelaskan, untuk analisa kebutuhan pegawai terlebih dahulu dilakukan pemetaan dengan cara menghitung PNS yang akan pensiun. "Seluruh OPD sudah kami analisa. Termasuk melihat perkembangan yang akan terjadi soal pengusulan CPNS untuk tahun 2013," ujarnya Selasa (7/2).
Sodikin menambahkan, tenaga pendidik adalah formasi yang paling banyak membutuhkan pegawai baru. Dari 14.507 PNS di Kabupaten Majalengka, masih diperlukan 2 ribu guru dan 1 ribu tenaga medis. "Kita hanya memberikan usulan saja ke pusat. Nanti yang memutuskan adalah pemerintah pusat dengan beberapa kajian dan verifikasi. Sebab, dalam menentukan formasi, pemerintah pusat harus mengalokasikan anggaran selama 50 tahun per PNS nantinya. Termasuk juga gaji pokok, tunjangan anak, serta hak-hak pegawai lainnya," jelasnya.
Sodikin mengungkapkan, seleksi penerimaan CPNS tahun 2013 akan lebih ketat. Sebab berdasarkan peraturan, prosesnya cukup bersaing di daerah.
"Memang pengadaan kebijakan PNS ada di pusat. Tapi ada informasi lebih ketat karena ada pengawasan lebih nanti," tuturnya.
Ketika ditanya berapa jumlah efektif untuk PNS di Kabupaten Majalengka, Diki menyebut kebutuhan saat ini adalah kurang lebih 18 ribu pegawai. "Kalau ada 18000 PNS, saya yakin kebutuhan pelayanan masyarakat bisa lancar," kata dia.
Dia mengungkapkan, dari tiga formasi yang diberikan oleh pemerintah pusat (tenaga pendidik, tenaga medis, dan pekerja mendesak), ada satu yang kemungkinan tidak diusulkan di Kabupaten Majalengka. Formasi itu adalah pekerja mendesak seperti sipir, tenaga ahli bidang tertentu dan lainnya.
"Tapi kalau ada dari hasil akhir kajian, tentu kami akan mengusulkan. Hingga sekarang belum ada keputusan final dari kami," ujarnya. (mid/Radar Majalengka)

:::Terimakasih telah membaca berita Majalengka Usulkan 3.000 CPNS silahkan baca berita terkait :::


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon